Perbandingan AAC, FLAC, OGG Vorbis, MP3 dan WMA

Posted by Unknown 0 komentar


AAC (Advance audio coding )

      AAC merupakan format kompresi audio yang di gunakan dalam apple ipod dan AAC Sebuah standar pengkodean audio yang digunakandalam sistem televisi digital. AAC menyediakan dasarnya kualitas suarayang sama seperti MP3 saat menggunakan bit rate yang lebih kecil. AACterutama digunakan untuk kompres musik. Ekstensi nama file. Aac.


Kelebihan :
Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG)
Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz
Kualitas musik dalam format ini cukup baik bahkan pada bitrate rendah (dibawah 16 Hz).
Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp.
·               
        
FLAC ( Free Lossless Audio Codec)
        
      FLAC adalah singkatan dari Free Lossless Audio Codec, yang berarti kompresi data yang dihasilkan hampir sama dengan kualitas audio aslinya.

Kelebihan :
-          Tidak perlu mengeluarkan biaya (free)
-          format flac sering dijadikan pilihan untuk proses backup koleksi audio cd.

Kekurangan :
Memiliki ukuran yang cukup besar  Semakin banyak orang-orang yang melakukan burning CD untuk membuat CD audio dengan menggunakan format FLAC. Namun, audio player seperti Winamp 5 tidak bisa memutar format ini bahkan tidak mengenali file audio dengan format FLAC tersebut.
·             

     
OGG Vorbis

Kelebihan :
Merupakan satu-satunya format file yang terbuka dan gratis. kualitas yang tinggi pada bitrate rendah dibandingkan format lain.

Kekurangan :
Masih kurangnya dukungan peranti keras terhadap format ini masih jarang.


·          
     
MP3 (MPEG Audio Layer 3)

 Kelebihan :
Format audio yang paling poluler.Menggunakan algoritma audio lossy compression untuk mengurangi ukuran file. Sample ratenya antara16 Hz – 48 kHz.
ukuran filenya kecil tapi kualitas yang tidak kalah dengan CD audio untuk mendapati kualitas yang mendekati kualitas CD diperlukan bit-rate 192 kbps.
Kompresi MP3 dapat dilakukan dengan bit-rate yang beragam. Standar yang baik untuk kualitas audio dan ukuran file adalah 128 Kbps.
·          
       
     
WMA (Windows Media Audio)

Kelebihan :
Merupakan Format yang ditawarkan Microsoft. Mendukung Digital Rights Management (DRM) atau  fitur untuk mencegah pembajakan musik, kualitas musik yang lebih baik daripada MP3 maupun AAC.



Copyright of easy station